Senin, 02 September 2013

Raising Kiko (Part 1)

Aku mencintai kucing sejak kecil. Entah gimana awalnya, tau-tau udah ada kucing di rumahku. Mungkin bapaklah yang bawa kucing pertama kami ke rumah. Dan mungkih dari bapak juga aku menuruni sifat itu. Sejak saat itu udah puluhan bahkan ratusan kucing kupelihara di rumah silih berganti walau outdoor. 


Oya kukenalin sama kucingku, yg kupelihara saat ini. Kiko salah satu kucing yg ada dirumahku. Berarti di luar rumah jg ada dong ya? Hahahaha…bisa dibilang gitu. Ada beberapa kucing liar/stray di belakang rumah yg sering aku kasih makan. Abis suka gak tegaan klo liat kucing ngeong-ngeong. Awalnya sih cuma buang limbah ikan (jeroan) di belakang rumah trus limbah dimakan ama si stray cat. Bermula dari 1 ekor jantan trus dia ngajak pasangannya makan disitu. Lama-lama jadi nambah banyak aja hahahaha...Gak deng...paling banyak cuma 5 itu pun kadang gak komplit. Tapi biarpun udah dikasih makan tetep aja liar...susah dipegang.

Back to Kiko. Kiko lahir tanggal 23 Januari 2012,  kucing pertamaku yg aku inget tanggal lahirnya.
Kucing yang dulu-dulu gak pernah diinget. Kiko bukan kucing istimewa, cuma kucing kampung biasa. Tapi apa pun jenisnya aku tetep suka semua jenis kucing....termasuk big cat hahaha..

Kiko ini 4 bersaudara dari induknya yg kukasih nama Puput. Satu-satunya kitten yg masih bertahan sampe gede, sementara sodaranya udah RIP waktu umur sekitar 2 minggu.
Gak heran kalo mereka gak bisa bertahan. Mereka ditinggal induknya waktu baru umur 1 minggu. Entah dimana induknya,tiba-tiba ngilang gitu aja. Rasanya gak mungkin si Puput pergi ninggalin anak-anaknya gitu aja. Dia induk yg bertanggungjawab, bahkan pernah mengasuh kitten saat dia masih gadis. Aku menduga Puput diracun tetangga :'(
Selain itu aku belum punya pengalaman mengasuh kitten tanpa induk. Sempet sehari anak-anak Puput kelaparan sejak ditinggal. Aku bingung saat itu dan masih berharap induknya pulang tapi ternyata enggak. Jadi deh terpaksa aku yg jadi ibu pengganti. Kebayang dong gimana repotnya mengasuh kucing masih umur seminggu, mata masih meren, yg seharusnya masih bergantung sama induknya. Keluargaku juga bilang mereka gak akan bertahan. Tapi aku gak bisa diem aja tanpa berbuat sesuatu. Mereka udah terlahir ke dunia jadi berhak untuk hidup. Jadi aku berusaha sebisaku buat ngerawat mereka. Kebetulan aku juga cuma di rumah.


Misi merawat anak kucing pun dimulai ^_^ .
Misi pertama adalah nyari dot/botol susu khusus kucing plus susu kucing tentunya. Sempet muter-muter sama bapak nyari petshop akhirnya dapet juga yg dicari. Kerepotan dimulai saat para kittens mulai kelaparan. Mereka teriak-teriak tanpa henti. Kalo yang satu teriak yang lain jadi ikutan teriak…pokoknya heboh deh hahahaha… Kehebohan ini pun dimulainya tiap jam 4 pagi …persiiiis kayak bayi, bedanya ini yg mangap ada 4. Mereka awalnya menolak dot yg kukasih. Ya udah pasti lah ya karena beda rasanya sama puting induknya. Tapi lama-lama mau juga karena terpaksa, karena lapar. Satu dikasih susu yg laen masih teriak sementara botolnya cuma 1. Bodohnya aku cuma beli 1.  Bingung dan frustasi tentunya. 

Selama seminggu dalam ‘asuhanku’ keliatan perkembangannya. Mereka udah mulai melek & tumbuh, dari yg cuma segenggaman tangan udah nambah panjang. Senengnyaaa…jadi ada harapan bahwa mereka bakal tumbuh besar. Tapi sayangnya satu per satu mulai bertumbangan karena cat flu. Gejalanya gak napsu makan & muntah sampe akhirnya mati karena kelaparan. Sedih rasanya. Akan lain kejadiannya klo mereka udah gede, masih bisa diobati & disuapin. Tapi apa daya, they’re kittens, so fragile. Jadilah tersisa si Kiko yang kebetulan paling kuat diantara yang lain dan paling besar pula. 

Segini dulu ceritanya ya. Aku terusin cerita ini di next post. Harap dimaklumi soalnya masih belajar ngeblog nih ^^

5 komentar:

  1. Wah,Kiko sang pemenang dong ya. Bisa survive. Salam mmuach buat Kiko.

    Oya, welcome to blogger, Adria. Keep on writting with your heart :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emak, makasih :D
      nti mohon bimbingannya ..jiahahaha apa pula ini

      Hapus
    2. :P
      *kebayang Maya saat membungkuk

      btw, jangan pake capcay dong

      Hapus
    3. apa hubungannya ma gayung? :P
      kok capcay ?

      Hapus
    4. Lha, gayung apa pula tuh? :P
      itu, kode robot sebelum post komen, bikin jelimet aja hehe

      Hapus